Kamis, 20 Desember 2012

0 Android Kalahkan Dominasi BB di Indonesia


Setelah sempat bertengger kuat sampai kuartal kedua 2012 ini, dominasi Blackberry akhirnya berhasil dipatahkan Android sebagai sistem operasi paling populer di Indonesia. Menurut International Data Corporation (IDC), Android di Indonesia berhasil menguasai 52% pangsa pasar smartphone dalam negeri.
Darwin Lie (Market Analyst for Client Devices, IDC Indonesia) mengakatan bahwa pertumbuhan telepon berbasis Android di Indonesia dipicu bukan cuma karena keterjangkauan dari sisi harga, banyaknya aplikasi yang ditawarkan serta makin populernya layar sentuh ikut berpengaruh pada pertumbuhan Android. “Penundaan peluncuran Blackberry 10 yang membuat pembeli harus menunggu model baru sampai 2013 juga berkontribusi pada perubahan preferensi sistem operasi,” jelas Darwin dalam rilis yang dikirimkan ke PCplus.
Data dari IDC Asia/Pacific Quarterly Mobile Phone Tracker terkait pengkapalan telepon seluler menunjukkan pertumbuhan sebesar 10% per kuartal dan 25% per tahun di Indonesia. Smartphone atau feature phone adalah perangkat yang paling menunjukkan pertumbuhan signifikan dibanding kuartal lalu. Salah satu yang mempengaruhi hal ini adalah masa Idul Fitri dimana banyak produsen melakukan promosi terhadap produk mereka.
Dengan banyaknya pengguna yang beralih ke layar sentuh IDC memproyeksikan pertumbuhan pengkapalan smartphone di Indonesia bakal melebihi 7 juta unit pada tahun ini. IDC juga melihat pemain lokal seperti Cross dan Mito bakal menjadi pesaing kuat bagi Nokia sebagai pemain kunci di pasar feature phone. Pertumbuhan dari kedua merek lokal tadi bakal banyak mengubah proyeksi untuk 2012. (Brama Setyadi)

0 Komentar:

Posting Komentar